GOOGLE ONLINE

Google Online .

25 July 2019

Cara Meningkatkan Pageview Traffik Menurukan Bounce Rate Blog



Kesulitan bagi para pemula seperti saya adalah bagaimana membuat nyaman para pembaca artikel website hingga betah. Ukuran kenyamanan pembaca dapat dilihat dari nilai bounce rate yang kecil, artinya pengunjung banyak membaca artikel dari website yang kami sajikan.

Bounce Rate (BR) merupakan istilah yang ada pada analisis Google Analityc. Kenapa google membutuhkan nilai BR ? Jawabnya simple, untuk membantu peningkatan SEO pada mesin pencari. Semakin tingginya nilai BR pada situs dapat diartikan bahwa website tersebut tidak menarik bagi para pembaca.

Definisi bounce rate sendiri dapat kita artikan sebagai presentasi yang dihasilkan dari ratio (perbandingan) antara jumlah pengunjung mengunjungi satu halaman dengan total pengunjung kemudian dikalikan 100.

Gambar Referrer Bounce Rate

Sebagai studi kasus, anda memiliki satu website dengan total pengunjung 10000 dan sekitar 5000 pengunjung hanya mengunjungi satu halaman tanpa mengunjungi artikel lainnya lalu pergi. Maka berdasarkan definisi BR dapat kita peroleh BR website anda adalah:

Bounce Rate = [(Jumlah Pengunjung 1 Halaman)/(Total Pengunjung)] x 100%

BR yang diperoleh 50 %, nilai presentase cukup baik. Lalu berapa nilai BR yang paling baik ? BR dengan presen antara 30% - 40% masih dianggap paling terbaik.

Tips ini bisa anda lakukan untuk menurukan presentase BR hingga berada kisaran 30% - 40%. Cukup mudah saja buat anda, anda hanya membuat konten artikel yang banyak misalkan hingga 1000 artikel. 1000 artikel tersebut anda buat judul yang membuat penasaran para pembaca hingga menimbulkan rasa ingin tahu dan melakukan klik.

Adapun cara lainnya adalah dengan menambah script/kode. Pemasangan kode digunakan oleh beberapa situs besar seperti liputan6, kompas, dan lainnya. Cara kerja script ini secara otomatis akan melakukan loading sendiri. Tidak percaya, coba bukan situs kompas lalu biarkan tanpa melakukan klik sana sini, secara otomatis akan load sendiri.

<script>
<!--
var limit="0:45"
if (document.images){
var parselimit=limit.split(":")
parselimit=parselimit[0]*60+parselimit[1]*1}
function beginrefresh(){
if (!document.images)
return
if (parselimit==1)
window.location.reload()
else{
parselimit-=1
curmin=Math.floor(parselimit/60)
cursec=parselimit%60
if (curmin!=0)
curtime=curmin+" minutes and "+cursec+" seconds left until page refresh!"
else
curtime=cursec+" seconds left until page refresh!"
window.status=curtime
setTimeout("beginrefresh()",1000)}}
window.onload=beginrefresh
//-->
</script>

Script/kode di atas anda simpan di gadget html/java script bagi yang menggunakan blogger, dengan cara yang sama lakukan pada wordpress.

Gambar Ranking Google Adwords

Untuk mengatur loading secara otomatis, anda setting jangan telalu cepat dan juga lama. Perhatikan nilai 0:45 pada script tersebut. Artinya setelah 45 setik maka halaman akan loading otomatis, silahkan anda ganti sesuai dengan kebutuhan.

Pengaturan waktu lakukan dengan bijak dan sesuai dengan keperluan, kami pernah melakukan setting hingga 0:10 detik bermain beberapa iklan. Adapun untuk bermain Google Adsense nilai terbaik berapa pada kisaran 0:45 – 0:50.